Pendaftaran
Magister Administrasi Publik
Pendaftaran
Jalur UM
Seleksi/Ujian Mandiri Pasca Sarjana (S2/S3) dan Program Profesi Undip diselenggarakan secara terpadu di sistem pendaftaran UM yang dikelola oleh Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2MP) Universitas Diponegoro.
Tata Cara Mendaftar :
- Peserta membuat akun menggunakan email KLIK DISINI
- Peserta memilih UM S2 / UM S3 / UM PROFESI
- Membayar biaya pendaftaran pada bank yang ditunjuk (Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, Bank Mandiri) KLIK DISINI
- Peserta melakukan upload dokumen dalam format pdf
- Peserta melakukan cetak kartu ujian
- Peserta mengikuti ujian secara daring
Materi Ujian
- Tes Potensi Skolastik (TPS) : Verbal, Numerik, dan Logika;
- Tes Bahasa Inggris : Reading dan Structure;
- Tes Substansi Keilmuan (berupa wawancara (online)/tes tertulis prodi)
Kalender Pendaftaran Pascasarjana dan Profesi Semester Genap Gelombang 2
Pendaftaran Online | : | 28 November 2022 – 9 Januari 2023 |
Ujian Seleksi Tertulis (dilaksanakan secara online) | : | 15 Januari 2023 ( Tes TPA 07.30-10.00 WIB dan Tes Bahasa Inggris 10.30-12.00 WIB) |
Ujian Seleksi Program Studi Wawancara | : | 15-17 Januari 2023 (Jadwal akan disampaikan kemudian) |
Pengumuman Lolos Seleksi Akademik | : | 24 Januari 2023 |
Biaya Pendaftaran
- Pendaftaran Magister dan Profesi Rp. 750.000,-
- Pendaftaran Doktor Rp. 1.000.000,-
Catatan : Segala bentuk biaya pendaftaran yang telah disetorkan ke Undip tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.
Persyaratan mengikuti Program Magister :
- Lulusan Sarjana Strata 1 dan Diploma IV
- IPK Minimal 2,75 dari perguruan tinggi terakreditasi (kecuali Magister Kenotariatan dan Linguistik yang mensyaratkan IPK 3,0)
- Ijazah dan transkrip
- Rekomendasi Akademik dari 2 orang (boleh pembimbing S1, D4/atasan langsung dg kualifikasi min. S2) (format sdh disediakan)
- Surat Penyataan kesanggupan menyelesaikan studi (format sdh disediakan)
- Surat keterangan jaminan pembayaran biaya studi (bermaterai 10000) (format sdh disediakan)
- Surat ijin dari instansi kerja (bagi yang sudah bekerja) (format sdh disediakan)
- Proyeksi/Gambaran umum tentang penelitian Tesis yang akan diambil
Ketentuan Syarat Tambahan untuk masing-masing Program Studi
No | Program | Syarat Tambahan |
1. | Magister Administrasi Publik |
|
TATA CARA PEMBAYARANBANK
MITRA UNDIP UNTUK PEMBAYARAN BIAYA PENDAFTARAN PMB
PT Bank Tabungan Negara (BTN)
- Pembayaran melalui Teller Bank dengan menyebutkan menyebutkan Nama Universitas dan Nomor Billkey
- Pembayaran via Mesin ATM BTN
- Pilih Transaksi Lainnya
- Pilih Pembayaran
- Pilih Multipayment
- Pilih Pendidikan
- Masukkan kode UNDIP 0004006, tekan Benar
- Masukkan nomor Billkey, tekan Benar
- Pembayaran via Mobile Banking BTN
- Pilih Pembayaran
- Pilih Pendidikan
- Institusi Pilih Universitas Diponegoro
- Tipe Pembayaran Pilih SPP
- Masukkan Billkey
PT Bank Rakyat Indonesia (BRI)
- Pembayaran melalui Teller Bank dengan menyebutkan menyebutkan Nama Universitas dan Nomor Billkey
- Pembayaran via ATM
- Pilih Menu Pembayaran
- Pendidikan
- Pilih Universitas Diponegoro 006
- Pembayaran via Internet Banking
- Pilih Pembayaran
- Pilih Pendidikan
- Pilih rek sumber/sof
- Pilih Universitas UNDIP
- Masukkan no. Mahasiswa/ No Billkey
- Kirim
PT Bank Negara Indonesia (BNI) 46
- Pembayaran melalui Teller Bank dengan menyebutkan menyebutkan Nama Universitas dan Nomor Billkey
- Pembayaran via ATM
- Pilih menu Pembayaran – Universitas – Student Payment Center (SPC)
- Masukkan kode Lembaga Pendidikan dan Nomor Billkey
- Layar akan menampilkan jumlah yang harus dibayar
- Untuk melakukan pembayaran tekan YA, untuk membatalkan pembayaran tekan TIDAK
- Transaksi selesai. Data pembayaran akan otomatis tercetak pada resi/ struk. Resi harap dicopy dan disimpan jika diperlukan di kemudian hari
- BNI Mobile Banking
- Pada tampilan menu utama, pilih menu Pembayaran
- Pada tampilan menu Pembayaran, pilih Biaya Pendidikan
- Pilih Rekening Debet, lalu pilih Jenis Layanan
- Pilih Pembayaran pada Jenis Layanan
- Pilih Perguruan Tinggi dan masukkan Nomor Billkey, lalu pilih Lanjut
- Layar validasi tagihan akan muncul, lalu input Password Transaksi. Jika tagihan sudah sesuai pilih Lanjut
- Transaksi selesai
- BNI Internet Banking :
- Akses ke www.bni.co.id. Pilih Internet Banking Personal, kemudian input User ID & Password. Pilih Menu Transaksi – Pembelian/pembayaran – Pembayaran Tagihan – Biaya Pendidikan.
- Pengisian Data sbb :
- Pilih jenis layanan dari dropdown Type Layanan
- Pilih nama perguruan tinggi di dropdown Perguruan Tinggi
- Masukkan nomor tagihan/ no billkey yang didapat ke kolom Nomor Tagihan
- Pilih nomor rekening yang akan digunakan sebagai nomor rekening yang akan didebet
- Klik lanjutkan
- Akan muncul layar konfirmasi Input delapan digit nomor yang muncul ke BNI e-secure
- Input Nomor Respon dari BNI e-secure pada aplikasi Internet Banking BNI, lalu klik bayar.
- Untuk transaksi berhasil, akan tampil layar konfirmasi seperti di atas
- Selanjutnya simpan bukti pembayaran dengan memilih format file yang akan dicetak
- Lalu klik icon download di pojok kanan bawah untuk mengunduh bukti pembayaran
- Atau dengan mencetak halaman dengan meng-klik icon printer di bagian atas kanan halaman
PT Bank Mandiri
- Pembayaran melalui Teller Bank dengan menyebutkan menyebutkan Nama Universitas dan Nomor Billkey
- Pembayaran via ATM
- Pilih Menu Bayar /Beli
- Pendidikan
- Masukkan kode UNDIP, yaitu 10004, kemudian tekan benar
- Masukan Nomor Billkey
- Tekan tombol benar
- Layar akan menampilkan jumlah yang harus dibayar, kemudian tekan 1 jika ingin melakukan pembayaran
- Untuk melakukan pembayaran tekan YA, untuk membatalkan pembayaran tekan TIDAK
- Transaksi selesai. Data pembayaran akan otomatis tercetak pada resi/ struk. Resi harap dicopy dan disimpan jika diperlukan di kemudian hari
- Pembayaran via Mandiri Online (Internet Banking)
- Lakukan login pada aplikasi Mandiri Online atau akses website di www.bankmandiri.co.id dengan user id dan password Mandiri Online Saudara
- Pada menu utama pilih menu BAYAR kemudian pilih menu PENDIDIKAN
- Pada field DARI REKENING, pilih rekening Saudara yang akan digunakan untuk bertransaksi
- Pada field PENYEDIA JASA pilih UNIVERSITAS DIPONEGORO – 10004
- Pada field NIM isi dengan Nomor Billkey
- Kemudian klik lanjutkan, layar akan menampilkan jumlah yang harus dibayar
- Kemudian cantumkan tanda (V) di total pembayaran
- Jika data telah sesui klik Lanjutkan
- Masukkan PIN Mandiri 6 digit (untuk transaksi via aplikasi) dan PIN Mandiri 6 digit yang diperoleh dari token PIN Mandiri lalu klik KIRIM
- Tunggu respon dari sistem Mandiri Online untuk status transaksi