Keterampilan Khusus

PRODI: MAGISTER ILMU ADMINISTRASI

Jenis: Akademik/Profesi/Vokasi, Jenjang: S2

KETERAMPILAN KHUSUS
PK1. Mampu mengembangkan (merekonstruksi) model, strategi, atau inovasi dalam bidang kebijakan publik dan governansi publik dengan berbagai pendekatanantara lain pendekatan legal, manajerial, dan atau politik, di semua tingkat pemerintahan.
PK2. Mampu memformulasikan alternatif kebijakan publik berdasarkan prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang baik dengan menggunakan berbagai metode, antara lain scenario planning atau dynamic system.
PK3. Mampu menyusun rencana strategi implementasi sebuah kebijakan publik jangka pendek (berupa program, kegiatan, dan rencana aksi).
PK4. Mampu melakukan evaluasi kebijakan publik yang berbasis teknologi informasiuntuk mengetahui hasil (outcome) dan dampak (impact) dari sebuah kebijakan
PK5. Mampu menyusun rencana perubahan secara individuatau kelompok dengan menggunakan pendekatan participatory impact analysis untuk menyelesaikan masalah-masalah publik seperti pelayanan publik dan administrasi pembangunan dalam bentuk dokumen rencana proyek perubahan (project plan document)
PK6. Mampu menyusun rencana penelitian dan melaksanakan kegiatan penelitian secara mandiri atau kelompok dalam bidang administrasi publik dengan menggunakan metode kuantitatif, kualitatif, atau kombinasi
PK7. Mampu memimpin dan menata kelola sebuah kegiatan dalam implementasi kebijakan publik