Pendaftaran Mahasiswa Baru

Tata Cara Mendaftar :

  1. Peserta menyiapkan dokumen ijazah, transkrip dan berkas lain dalam format pdf
  2. Peserta membuat akun menggunakan email KLIK DISINI
  3. Membayar biaya pendaftaran menggunakan BILLKEY/KODE BAYAR yang diperoleh saat daftar online pada bank yang ditunjuk (Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, Bank Mandiri) KLIK DISINI
  4. Peserta mengisikan data diri dan upload dokumen dalam format pdf
  5. Peserta melakukan cetak kartu ujian
  6. Peserta mengikuti ujian sesuai yang tertera pada kartu peserta

 

Materi Ujian

  1. Tes Potensi Akademik (TPA),
  2. Tes Bahasa Inggris,
  3. Tes Substansi Keilmuan (wawancara)

Kalender Pendaftaran Pascasarjana Semester Gasal Gel II (T.A 2021/2022)

Pendaftaran Online : 24 April s.d 1 Juli 2021
Ujian Seleksi : 19 Juli 2021
Pengumuman Lolos Seleksi Akademik : 24 Juli 2021

Biaya Pendaftaran

  • Pendaftaran Magister dan Profesi Rp. 750.000, (Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah)
  • Pendaftaran Doktor Rp. 1.000.000, (Satu Juta Rupiah)

Persyaratan mengikuti Program Magister :

  • Lulusan Sarjana Strata 1
  • IPK Minimal 2,75 dari perguruan tinggi terakreditasi (kecuali Magister Kenotariatan dan Linguistik yang mensyaratkan IPK 3,0)
  • Ijazah dan transkrip
  • Rekomendasi Akademik dari 2 orang (boleh pembimbing S1, D4/atasan langsung dg kualifikasi min. S2) (format sdh disediakan)
  • Surat Penyataan kesanggupan menyelesaikan studi (format sdh disediakan)
  • Surat keterangan jaminan pembayaran biaya studi (bermaterai 6000) (format sdh disediakan)
  • Surat ijin dari instansi kerja (bagi yang sudah bekerja) (format sdh disediakan)
  • Proyeksi/Gambaran umum tentang penelitian Tesis yang akan diambil

Ketentuan Syarat Tambahan untuk masing-masing Program Studi

No Program Syarat Tambahan
1. Magister Administrasi Publik
  • Lulusan Sarjana dari berbagai disiplin ilmu.

 

TATA CARA PEMBAYARAN

a. Melalui internet banking bank Mandiri :

1. Lakukan log ini pada aplikasi mandiri online atau akses websitw di www.bankmandiri.co.id dengan user id dan password mandiri online saudara
2. Pada menu utama pilih menu BAYAR kemudin pilih menu PENDIDIKAN
3. Pada field DARI REKENING , pilih rekening saudara yang akan digunakan untuk bertransaksi
4. Pada field PENYEDIA JASA pilih UNIVERSITAS DIPONEGORO – 10004
5.Pada field NIM isi dengan PIN Pendaftaran
6. Kemudian klik lanjutkan, layar akan menampilkan jumlah yang harus di bayar
7. Kemudian cantumkan tanda (v) di total pembayaran
8. Jika data telah sesui klik Lanjutkan
9. Masukkan PIN Mandiri 6 digit (untuk transaksi via aplikasi) dan PIN Mandiri 6 digit yang diperoleh dari token PIN Mandiri lalu klik KIRIM
10. Tunggu respon dari system Mandiri Online untuk status transaksi

b. Melalui internet banking Bank BNI :

1. Akses ke situs Bank BNI melalui www.bni.co.id. Pilih Internet Banking Personal, kemudian input User ID dan Password.
Pilih Menu Transaksi – Pembelian/Pembayaran – Pembayaran Tagihan – Biaya Pendidikan.
2. Pengisian Data sebagai berikut :
Pilih jenis layanan dari dropdown Tipe Layanan. – Pilih nama perguruan tinggi di dropdown Perguruan Tinggi. – Masukkan nomor tagihan yang didapat ke kolom Nomor Tagihan. – Pilih nomor rekening yang akan digunakan sebagai nomor rekening yang akan didebet. – Klik Lanjutkan.
3. Akan muncul Layar Konfirmasi.

Input delapan digit nomor yang muncul ke BNI e-secure

4. Input Nomor Respon dari BNI e-secure pada aplikasi Internet Banking BNI, lalu klik bayar.
5. Untuk transaksi berhasil, akan tampil layar Konfirmasi seperti di atas.
6. Selanjutnya simpan bukti pembayaran dengan memilih format file yang akan di cetak.
7. Lalu klik icon untuk mengunduh bukti pembayaran atau dengan mencetak halaman dengan meng-klik icon printer seperti gambar di atas.

c. Pembayaran lewat ATM dengan langkah-langkah sebagai berikut:

 
1. Pilih Menu Bayar /Beli
2. Pendidikan
3. Masukkan kode perusahaan UNDIP, yaitu 10004,kemudian tekan benar
4. Masukan No PIN Pendaftaran
5. Tekan tombol benar
6. Layar akan menampilkan jumlah yang harus dibayar,kemudian tekan 1 jika ingin melakukan pembayaran
7. Untuk melakukan pembayaran tekan Ya, untuk membatalkan pembayaran tekan TIDAK
8. Transaksi telah selesai. Data pembayaran akan otomatis tercetak pada resi / struk.Harap resi ini dicopy dan disimpan jika diperlukan dikemudian hari.

 

1. Pilih menu ‘Pembayaran’
2. Pilih ‘Universitas’ kemudian Pilih ‘Student Payment Center’
3. Masukkan kode lembaga+ no PIN Sebagai Billkey. Kode bisa dicari di Pencarian kode
4. Tekan tombol ‘BENAR’.
5. Layar akan menampilkan identitas dan jumlah pembayaran.
6. Untuk melakukan eksekusi tekan ‘YA’, untuk pembatalan tekan ‘TIDAK’.
7. Transaksi telah selesai. Cek selengkapnya untuk pembayaran BNI

Pembayaran melalui ATM hanya bisa untuk Bank BNI dan Mandiri

c. Melalui Teller Bank BNI / BTN / Mandiri / BRI

Calon peserta bisa datang ke teller bank BNI’46 / BTN / Mandiri / BRI untuk melakukan pembayaran biaya pendaftaran UM. Pembayaran tidak perlu menggunakan no rekening. Calon peserta cukup menyebutkan NO PIN saja dan jelaskan bahwa akan membayar biaya pendaftaran UM UNDIP. Jangan lupa untuk meminta bukti pembayaran dari petugas bank.

Peringatan Penting: Bagi yang akan membayar melalui BRI hanya bisa melalui teller.

Info : Eti Istiana (081229528515)